Mengapa saya mengambil jurusan ini ? karena saya tertarik dengan salah satu mata kuliahnya yaitu ABK. Karena itu yang membuat saya tertantang untuk kedepannya. Saya harus bisa menangani dan mengajari anak didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Itu tantangan untuk saya. Karena saya sangat ingin akrab dengan mereka. Melalui jurusan inilah saya harus bisa membuktikan bahwa saya bisa melewati tahap-tahapnya.
Selain itu, penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas
Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan
berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping
itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan
berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching ,
Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang
Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium
outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan
Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling
(BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain
Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ)
diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student
Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan
Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan
program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD
yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka
mahasiswa diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose)
selama 1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara
optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik
yang sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga
pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains
dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif
secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD,
Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan
profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri
sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis
yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius,
dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam
melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
sumber: http://www.umm.ac.id/id/page/01030405/pendidikan-guru-sd-pgsd.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar